Menu

Batasan Forward Pesan WhatsApp Mulai Dirasakan Pengguna

0 Comment

Jakarta – Pembatasan forward pesan di WhatsApp hingga maksimal lima kali pengiriman, mulai dirasakan. Sebelumnya, kebijakan tersebut masih belum efektif diterapkan.

WhatsApp menjanjikan membatasi jumlah pesan terusan pada Selasa kemarin (22/1) seiring dengan kunjungan VP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand yang menemui dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di sehari sebelumnya.


Aturan tersebut dilakukan guna meredam peredaran hoax alias informasi palsu yang tersebar di aplikasi WhatsApp. Selain di Indonesia, WhatsApp juga mengimplementasikan kebijakan ini secara global.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan, pembatasan forward pesan pada aplikasi WhatsApp dilakukan secara bertahap bagi pengguna smartphone berbasis OS Android.

“Jika ada permintaan untuk update aplikasi WhatsApp pada Play Store, (maka) lakukan update,” imbaunya, Sabtu (26/1/2019).

Saat detikINET mencobanya, hasilnya sudah bisa dirasakan. Pengguna smartphone Android tak lagi dapat memafaatkan fitur pesan terusan itu sampai lebih dari lima pengiriman.

Batasan Forward Pesan WhatsApp Mulai Dirasakan PenggunaFoto: Screenshoot

Mengenai penerapan untuk smartphone berbasis iOS, Ferdinandus mengaku bahwa pihak terus berkoordinasi dengan WhatsApp agar melakukan langkah serupa kepada para pengguna produk Apple ini.

“Iya, sedang dalam proses pengembangan untuk iOS,” tandasnya.

Bagaimana dengan Ineters, apakah pembatasan forward pesan ini efektif membendung hoax? Silahkan berikan tanggapannya di kolom komentar di bawah ini. (agt/agt)