Menu

Forward Chat WhatsApp Masih Bisa 5 Kali Lebih, Ini Kata Kominfo

0 Comment

Jakarta – Kebijakan WhatsApp dengan membatasi forward messages atau pesan terusan sampai maksimal lima kali harusnya hari Selasa (22/1/2019) ini. Tapi saat ini forward chat WhatsApp nyatanya masih bisa lebih dari lima kali.

detikINET mencoba untuk mem-forward chat WhatsApp sebanyak lebih dari lima kali dan upaya tersebut berhasil tanpa hambatan. Saat dikonfirmasi kepada Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ferdinandus Setu, ia pun membenarkan bahwa masih banyak pengguna WhatsApp yang tetap bisa mem-forward pesan lebih dari lima kali.

“Iya, banyak teman-teman yang memberitahu masih ada bisa forward pesan lebih dari lima kali. Tetapi, ada juga yang sudah tidak bisa,” kata Ferdinandus dalam sambungan telepon.

Mengenai hal ini, Kominfo mengaku tengah meminta penjelasan kepada WhatsApp. “Mereka kan berjanji, kita tagih sampai jam 12 (malam ini). Kominfo juga meminta klarifikasi dari mereka. Kalau ada kabar terbaru, nanti saya kabarkan lagi.”

Seperti diberitakan sebelumnya, VP Public Policy and Communications WhatsApp Victoria Grand menjelaskan langsung pembatasan jumlah pesan yang bisa di-forward di layanan messaging itu saat bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Senin (21/1) kemarin.

Terkait pembatasan forward chat WhatsApp ini, mereka mengaku sudah melakukan uji coba beta secara intensif di Indonesia, yang dinilai menjadi salah satu negara prioritas. Sehingga fitur pembatasan ini bisa diimplementasikan mulai Selasa (22/1/2019) pukul 12.00 WIB.

Pembatasan jumlah forward chat WhatsApp baru berlaku untuk pengguna OS Android. Untuk IOS sedang dalam proses pengembangan.

(agt/krs)