Menu

Foto Malam Hari Pakai Smartphone, Ini Tipsnya dari Rio Motret

0 Comment

Jakarta – Mengambil foto malam hari menggunakan smartphone adalah hal yang agak sulit dilakukan. Minimnya cahaya seringkali membuat hasil gambar menjadi blur atau ketajamannya kurang.

Walaupun sulit, mengambil foto pada malam hari menggunakan smartphone tetap bisa dilakukan. Fotografer kondang Rio Motret punya beberapa tips agar hasil foto di malam hari bisa tetap terlihat jelas dan bagus.

“Kalau kita mau ambil keadaan malam, antara harus push ISO, sementara ISO yang disediakan di smartphone kan enggak terlalu tinggi, paling sampai 4.800 saja, atau enggak kita main speed rendah. Kalau bicara speed rendah itu berarti kan kita harus steady (tidak boleh bergerak),” ungkap Rio kepada detikINET beberapa waktu lalu.



Rio pun mengatakan agar kondisi tetap stabil pengambilan gambar bisa dibantu dengan beberapa alat bantu tambahan seperti triod. Menurutnya hal ini akan sangat membantu, apalagi untuk mengambil gambar landscape.

Dia juga menjelaskan pentingnya mengatur white balance. Pengaturan ini akan membantu ketika kombinasi cahaya lampu yang menjadi objek foto tidak begitu bagus.

“Kalau yang umum kan sebetulnya di fitur manual kan disediakan white balance yang bisa diarahkan ke mana. Jadi balik lagi ke kondisi keadaan kalau memang suasana lamu-lampunya itu biru kita bisa netralkan dengan mengarahkan ke kuning,” katanya.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan OPPO R17 Pro yang cocok untuk pengambilan foto malam hari. Kamera smartphone ini telah dilengkapi dengan diafragma bukaan f/1.5 atau f/2.4. Saat pengambilan foto, perangkat ini akan menentukan bukaan berapa yang pas agar gambar tampak lebih jelas.

“Di R17 Pro ini ada namanya AI Recognition, jadi dia bisa men-detect keadaan walaupun dalam keadaan kelap, dia bisa men-detect sendiri harus menggunakan bukaan berapa,” ungkapnya. (prf/afr)