Menu

iPhone Bakal Beralih Total ke Panel OLED?

0 Comment

Jakarta – Sejak pertama diluncurkan pada 2007, Apple selalu menggunakan panel LCD untuk iPhone. Bahkan sampai saat ini mereka pun masih menggunakan panel tersebut untuk varian iPhone yang lebih murah.

Pada lini iPhone keluaran 2018, yang memakai panel LCD adalah iPhone XR, sementara iPhone XS dan XS max menggunakan panel OLED. Namun kabarnya, untuk iPhone keluaran 2020 mendatang Apple bakal menggunakan panel OLED secara penuh.

Rumor ini muncul dari seorang sumber yang tak disebut namanya oleh Wall Street Journal. Menurutnya iPhone generasi mendatang itu tak akan lagi menggunakan panel LCD.


Japan Display tentu panik mendengar rumor ini, karena mereka adalah penyuplai panel LCD untuk Apple. Dari laporan yang ada, perusahaan yang mayoritas sumber dananya berasal dari pemerintah Jepang itu tengah mencari pembeli dari China dan Taiwan.

Salah satu calon yang dilirik adalah TPK Holdings, yang merupakan penyuplai panel layar sentuh untuk iPhone, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (23/1/2019).

Untungnya untuk lini iPhone keluaran 2019 ini diperkirakan masih akan menggunakan panel LCD. Pasalnya iPhone anyar yang biasanya dirilis pada September itu diperkirakan desain dan spesifikasinya sudah ‘dikunci’ dan tak akan berubah lagi.

Berdasarkan rumor yang ada sebelumnya, lini iPhone keluaran 2019 tersebut adalah penerus iPhone XR yang memakai panel LCD dan dua buah kamera belakang, penerus iPhone XS yang memakai panel OLED dengan dua kamera belakang, dan penerus iPhone XS Max, yang memakai tiga kamera belakang.

(asj/krs)