Menu

Para Developer App Store Total Sudah Hasilkan Rp 1.691 Triliun

0 Comment

Jakarta – Dibandingkan Google Play Store, App Store memang jauh lebih menghasilkan bagi para developer — dan juga untuk Apple. Bahkan, dari 2008 sampai sekarang Apple sudah membayarkan uang sebanyak USD 120 miliar atau Rp 1.691 triliun untuk para developernya.

Angka ini diungkap Apple dalam gelaran Entrepreniur Camp di Cupertino, Amerika Serikat, yang merupakan acara di mana para developer bisa mengikuti berbagai workshop dan bertemu dengan karyawan Apple.

Sejak App Store dibuka pada 2008, Apple Sudah menyetorkan uang yang jumlah totalnya USD 120 miliar. Selama 2018 sendiri, developer di App Store secara total mendapatkan uang sebanyak USD 30 miliar.

“Sejak App Store diluncurkan pada 2008, developer sudah mendapat USD 120 miliar, dan lebih dari seperempatnya dihasilkan dari tahun sebelumnya,” ujar Apple dalam pernyataannya, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (29/1/2019).

Perlu diingat, ini adalah pemasukan bersih yang diberikan kepada para developer, pemasukan totalnya tentu nilainya di atas itu karena Apple memberlakukan potongan untuk pemasukan developer yang berasal dari App Store.

Sementara di ajang Worldwide Developer Conference pada Juni 2018 lalu Apple menyebut pemasukan developer App Store total mencapai USD 100 miliar.

Angka yang disebut di atas ini hanyalah pemasukan yang didapat jika transaksi yang dilakukan melalui App Store. Sementara developer bisa aja mendapat pemasukan lain dari iklan, biaya berlangganan melalui situs, dan lainnya.

(asj/krs)