Menu

Stiker WhatsApp Bakal Bisa Dipilih dari Gboard

0 Comment

Jakarta – Mempertahankan kepopuleran yang sudah didapat bukan hal yang mudah. Itu sebabnya, WhatsApp terus mengeksplorasi lebih banyak cara agar platformnya tetap menarik.

Yang terbaru, WhatsApp berencana memperkenalkan cara lebih mudah untuk mengirim stiker, yaitu dengan mengintegrasikannya ke dalam keyboard Google, Gboard.

Sejauh ini, pengguna biasanya akan mengakses stiker yang didesain WhatsApp. Untuk menggunakan stiker WhatsApp yang dibuat desainer pihak ketiga, kita perlu mendownload seluruh sticker pack dari Google Play Store atau Apple App Store.

Integrasi stiker WhatsApp dengan keyboard sebenarnya sudah ada sejak 12 Desember 2018, namun belum tersedia di Gboard karena dimanfaatkan Google untuk pengujian internal.

Nah, seperti dikutip dari XDA Developers, Jumat (18/1/2019), update GBoard Beta yang baru, menawarkan integrasi stiker ketika kita menginstal WhatsApp Beta for Android teranyar.

Stiker yang dikirimkan dalam percakapan WhatsApp menggunakan GBoard, akan secara otomatis diubah menjadi format webp, bukan sebagai file gambar.

Jadi, stiker ini nantinya akan membuka pilihan untuk stiker lainnya, dan pengguna tak perlu menginstal aplikasi terpisah untuk mengirimkan stiker.

Gboard juga menawarkan Bitmoji dan ‘Minis’ (stiker yang bisa disesuaikan dengan tampilan kita), jadi pengguna punya lebih banyak pilihan untuk berekspresi dan berkomunikasi.

Belum diketahui, kapan fitur ini akan tersedia di WhatsApp dan Gboard versi stabil (baru tersedia dalam versi beta).

(rns/krs)