Menu

#WelcomeBackBTP Merangsek Jadi Topik Populer di Dunia

0 Comment

Jakarta – Hastag atau tanda pagar (tagar) #WelcomeBackBTP sempat merangsek jadi topik yang hangat dibicarakan di media sosial skala dunia. Ya, hal ini bertepatan dengan hari ini Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang kini dipanggil BTP telah bebas setelah menjalani hukuman di Rumah Tahanan Mako Brimob.

Berdasarkan pantauan detikINET di lini masa Twitter, #WelcomeBackBTP sempat masuk ke jajaran topik yang sedang tren di seluruh dunia.

#WelcomeBackBTP Trending Topik.#WelcomeBackBTP Trending Topik. Foto: screenshot


Sebelumnya, tagar #WelcomeBackBTP sudah lebih dulu merajai di lini masa Twitter wilayah Indonesia. Topik terkait mantan Gubernur DKI itu, seperti #BTPpulang, #AhokBebas, hingga Pak BTP juga turut berada di urutan teratas sebagai penanda tengah dibahas oleh para netizen.

Seperti diketahui hari ini, 24 Januari 2019, Ahok akan bebas setelah menjalani hukuman 1 tahun 8 bulan 15 hari di Rutan Mako Brimob. Dia mulai menjalani hukuman penjara pada 9 Mei 2017 setelah putusan dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ahok divonis 2 tahun penjara karena terbukti bersalah melakukan penodaan agama atas pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Selama menjalani pemidanaan, Ahok mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman total 3 bulan 15 hari. Ahok, berdasarkan catatan di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas), tidak pernah mengambil kesempatan yang menjadi hak narapidana di antaranya hak cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, juga cuti menjelang bebas. (jsn/fyk)