Menu

WhatsApp Bantu Pasangan Sah Bercerai

0 Comment

Jakarta – Sudah tak akur lagi, pasangan suami istri sepakat berpisah. Tapi prosesnya tidak semudah dibayangkan, untungnya ada WhatsApp yang membantu.

Dikisahkan, pasangan yang mau cerai itu pada awalnya sama-sama berdomisili di Nagpur sebelum kemudian boyongan ke Michigan, AS pada tahun 2013. Tapi hubungan keduanya retak sejak 2017 dan mereka mulai hidup terpisah. Si suami bahkan pulang ke India.

Pada akhirnya pasangan sepakat untuk bercerai dan menuangkan kesepakatan untuk berpisah di dalam sebuah surat. Mereka lantas juga sama-sama mengisi dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk bercerai; si suami melakukannya langsung di Nagpur, India, si istri mengirimkan dokumen tersebut dari Michigan.


Nah, ada sedikit kendala di bagian akhir. Pihak otoritas Nagpur mewajibkan seluruh pihak yang terkait dalam proses sidang perceraian mesti hadir langsung. Si istri tak bisa datang akibat masalah visa.
Tak habis akal, persidangan menilai bahwa WhatsApp bisa dipakai untuk “menghadirkan” si istri via video call jika semua pihak terkait setuju. Akhirnya video call WhatsApp dilakukan dan si istri pun memberikan segala penuturan yang dibutuhkan. Berkat video call WhatsApp, proses perceraian pasangan yang kini tinggal beda negara itu pun kemudian disahkan. (krs/afr)