Menu

Wow! Order Makanan ala Layanan Ojol tapi yang Antar Robot

0 Comment

Jakarta – Kamu mungkin pernah pakai layanan pesan antar makanan dan minuman, khususnya lewat aplikasi ojol (ojek online). Kisah berikut ini punya layanan serupa, tapi bedanya yang mengantarkan pesanan adalah robot. Hal itu dilakukan di sebuah universitas AS.

Pemanfaatan robot untuk layanan pesan antar makanan dan minuman ini diadopsi oleh Universitas George Mason di Virginia, AS. Hal itu terwujud berkat prakarsa startup Eropa Starship Technologies lewat teknologi robot pesan antarnya.

Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (23/1/2019), paling tidak ada 25 robot yang bakal disiagakan di wilayah kampus. Pada awalnya, layanan pesan antar itu baru menyediakan opsi Blaze Pizza, Starbucks, dan Dunkin’, dengan lainnya segera menyusul.

Starship menyatakan bahwa robot dengan enam roda ini mampu membawa barang sampai dengan berat sekitar 9 kilogram dan selama beberapa tahun sudah diuji di sejumlah kota dunia.

Robot Starship ini juga dinyatakan lancar berjalan melintasi trotoar yang tidak mulus sekalipun dan mampu beroperasi saat kondisi hujan maupun salju, juga saat malam hari.

“Berkat kamera yang ada di sekeliling eksteriornya, robot itu juga bisa dengan luwes menavigasikan diri melewati sekumpulan orang dan barang,” kata The Verge mengutip Starship.

Lantas bagaimana mekanisme order makanan dan minuman sampai akhirnya bisa diantar oleh robot-robot tersebut?

Pertama-tama mahasiswa atau siapapun yang berada di wilayah universitas harus lebih dulu menginstall aplikasi mobile Starship, yang tersedia untuk iOS dan Android. Setelah itu pemesanan pun bisa dilakukan.

Si pemesan ini kemudian juga bisa menentukan titik lokasi untuk dituju robot pesan antar tersebut. Menurut Starship, lokasinya bisa di mana saja asalkan masih di wilayah kampus. Perjalanan si robot selama orderan berlangsung pun bisa terus dimonitor.

Kerennya lagi, pemesan tak perlu risau akan ada yang iseng mencomot orderan makanan atau minumannya. Pesanan pada robot-robot tersebut ditempatkan di dalam tempat tertutup yang cuma bisa dibuka oleh pemesan bersangkutan.

“Perjalanan robot itu juga akan dipantau secara real time oleh petugas Starship, yang menggunakan kamera pada robot guna mengantisipasi jika ada yang berniat iseng,” sebut The Verge.

(krs/rns)